Kajian Nikah Lengkap dari A sampai Z

6:24 PM 0 Comments

Berikut ini adalah kajian nikah yang disampaikan oleh Ustad ahmad sabiq yang disampaikan di masjid Raden Fatah universitas brawijaya malang. 
Kajian nikah, klik GAMBAR UNTUK MENDOWNLOAD KAJIAN 

bagi yang ingin melihat URLnya silahkan akses di


Point point yang dibahas adalah sebagai berikut:
  1. Kriteria calon . Tips dan faktor apa saja yang dijadikan patokan dalam memilih suami atau istri
  2. Proses menikah, membahas proses taaruf, melamar dan dibahas juga kesalahan kesalahan yang terjadi saat taaruf dan saat melamar.
  3. Akad dan mahar, membahas mahar yang diperbolehkan dan yang dilarang, batasan mahar serta tata cara akad nikah serta lafal yang dilarang dan lafal yang diperbolehkan dan dianggap syah
  4. Adabuz zifaf. Membahas adab adab malam pertama. WAJIB dibaca bagi yang mau segara melangsungkan pernikahan. islam agama yang sempurna, semua ada aturan dan adabnya 
  5. Pernikahan yang diharamkan. Hal hal yang menyebabkan nikah menjadi haram karena berbagai sebab. 
  6. Hak dan kewajiban suami istri. Penjelasan panjang dan rinci seputar hak istri dan sumai dalam menjalani kehidupan rumah tangga. 
  7. Thalaq, aturan cerai dalam islam. Harus dibaca bagi yang sudah menikah ataupun yang mau menikah, karena kalimat thalaq adalah kalimat yang sakral. jika itu diucapkan sambil bercanda pun akan bermakna serius dan telah jatuh talaq dalam pandangan islam.kalimat CERAI tidak boleh dijadikan bahan candaan karena makanya tetap serius.
  8. Lian adalah permasalahan yang sangat pelik. Lian sendiri adalah tuduhan seorang suami bahwa istrinya telah bezina, dan istri besumpah bahwa tuduhan suaminya adalah dusta. Implikasi lian ini sangat panjang bahkan sampai harta waris, status anak dan sebagainya.Ini adalah permasalahan besar dalam pernikahan, wajib di dengarkan bagi yang sudah berkeluarga atuapun belum 
  9. Zihar merupakan ucapan suami kepada istrinya " engkau seperti punggung ibuku" baca:" kamu haram saya campuri". Kalimat seorang suami yang mengharamka istrinya adalah termasuk dosa dalam islam, ada aturan dan denda yang  harus dibayar oleh suami agar istrinya kembali halal baginya. 
  10. Tanya jawab. Segala tanya jawab seputar nikah dijawab disini. 
 Perhatikan bahwa kajian ini bukan hanya untuk yang belum menikah, namun juga bagi para suami istri yang ingin memperbaiki rumah tangganya dan mengerti hukum hukum islam dalam masalah pernikahan.

Kajian ini sangat panjang (lebih dari 10 jam) dan anda tidak perlu mendengarkan sekaligus. Anda bisa bertahap mendengarkan 1 kajian perhari. InsyaAllah dengan kajian ini, ilmunya akan terasa seumur hidup anda dan semoga dengan mendengarkan kajian ini, kehidupan rumah tangga kaum muslimin  mejadi lebih baik.

Candra Adi putra

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: