Siapa Wahabi?

6:56 PM 1 Comments

Video dari TransTV Khazanah ini menjelaskan Siapa wahabi dari berbagai sudut pandang dan pengaruhnya di indonesia. InsyaAllah penjelasannya cukup adil dan cukup detail

Point point penting adalah sbb:

  1. Negara Saudi Tidak pernah menisbatkan diri mereka berpaham wahabi, mereka menisbatkan dirinya Ahlusunnah waljamaah As salafy. Artinya, Negara saudi dan pemahaman ulamanya merujuk pada Alquran dan hadist dengan pemahaman pada 3 generasi pertama umat ini yaitu "salafusaleh". 
  2. Wahabi sering dituduh sebagai kelompok lahirnya teroris seperti alqaeda, padahal paham salafi (orang sering menyebutnya wahabi) mengajarkan pada kembali kepada Tauhid,menghindari syririk dan menebarkan sunnah, sementara gerakan teroris adalah Gerakan Khawarij, sekelompok orang yang sangat kokoh pada agama islam yang akhirnya mengkafirkan umat islam yang melakukan dosa besar. 
  3. Di Indonesia, gerakan Awal Persis,Al irsyad,  Muhamadiyah dan gerakan dakwah imam bonjol di Sumatra utara merupakan satu sumber dari gerakan salafi  di saudi pada asalnya yaitu menjauhkan umat islam dari kesyirikan. 
  4. Syaikh muhamamad bin abdul wahab tidak membawa ajaran baru dalam islam, karena semua ajarannya diambil dari Alquran, hadist dengan pemahaman 3 generasi pertama umat islam. 
Lebih detail lihat Videonya 

Candra Adi putra

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.