Mengenal Sunnah Dalam Islam

8:28 PM 0 Comments

Bismillah, ketika kita mendengar sunnah? apa yang anda pahami? Sunnah punya dua arti dilihat dari conteknya dalam islam. Jika dilihat dari sisi Fiqih, Sunnah adalah perkara yang jika dikerjakan akan mendapat pahala, dan jika di tinggalkan tidak mengapa? Contohnya adalah sholat sunnah dan puasa sunah senin kamis.

Namun, Sunnah yang akan dibahas adalah sunnah dalam arti "jalan", jadi ketika kita mengatakan sunnah rosul, artinya "jalannya rosullah". Maka jika anda mengaku Ahlusunnah maka anda mengaku pengikut jalan rosulullah. Pengertian sunnah disini adalah " Perkataan, perbuatan dan persetujuan Nabi tentang suatu pekara". 

Sunnah rosul secara umum dibagi menjadi 4 yaitu :

  1. Sunnah Qauliyah (hadist) Setiap yang rosulullah ucapkan, bisa berupa kabar, perintah, larangan dan ancaman maka itu termasuk sunnah. 
  2. Sunnah Filiyah(pebuatan), contohnya rosulullah pernah bersabda, Sholatlah sebagaimana kalian melihat aku (Rosullah) sholat. Nah Cara sholat rosullah inilah yang namanya sunnah.
  3. Persetujuan Rosullah, misalkan seorang sahabat melakukan sesuatu dan rosullah membolehkan (tidak melarangnya atau mengomentari). Contohnya ketika rosulullah membiarkan sahabatnya memakan Dhab (sejenis kadal di padang pasir). Rosulullah tidak memakan dhab tersebut karena rosulullah tidak suka secara personal, namun  Rosullah membiarkan sahbatnya memakan dhab tersebut.
  4. Sunnah Tarqiyah( Membiarkan atau meninggalkan) . Contoh realnya adalah saat sholat 5 waktu kita diperintahkan adhan, namun untuk sholat ied, Rosulullah tidak memperintahkan Adzan, (meninggalkan adzan di ied) adalah sunnah tarqiyah. 
Lebih jelasnya lihat video penjelasan syaikh dibawah ini.

Candra Adi putra

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: