Bid'ah itu apa sih?

7:54 PM 9 Comments

Islam adalah agama yang sempurna.
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu --QS Almaidah, ayat 3

Maka sudah jelas bahwa segala bentuk ajaran baru yang tidak ada dasarnya dari Alquran dan hadist adalah bentuk penyimpangan dari islam yang sebenarnya. Segala hal yang baru itu disebut dengan Bid'ah. Sebagian orang bilang:" Yang penting niatnya", orang yang seperti ini jelas tidak memahami agama islam dengan benar, karena agar sebuah amal di terima di sisi Allah harus mempunyai dua syarat yaitu Iklas karena Allah dan Sesuai dengan petunjuk rosul.

Sebagian lagi mengomentari dengan ketus :" Apa apa bid'ah, apa apa bid'ah, kalau begitu kenapa kamu ga naik onta saja, ga usah naik mobil.".

ini juga bentuk ucapan yang justru menampakan ketidaktahuan sipelaku. Bid'ah ditinjau dari bahasa adalah :"Hal hal baru". sedangkan yang dilarang dalam islam adalah :" Hal hal baru yang diada adakan dalam perkara aqidah, ibadah dan perkara agama islam (lainnya) yang belum pernah ada di zaman Rosulullah.".

Jadi kalau hal hal baru dalam perkara dunia dan teknologi itu tetap diperbolehkan.  Sudah jelaskan, apa itu bidah?

Ingat dua hadist ini:
"Barang siapa, yang mengerjakan suatu amalan, yang bukan atas perintah kami (Allah dan rosulnya), maka amalan tersebut tertolak". 

"Setiap perkara yang baru (dalam agama) adalah bid'ah, setiap bidah adalah sesat dan kesesatan tempatnya di Neraka ". 

Mengapa saya menyampaikan hal ini, karena sebenarnya islam adalah agama yang mudah dan memudahkan. Contohnya sholat. Tidak bisa berdiri bisa duduk, tidak bisa duduk bisa sambil berbaring. Bepergian jauh di bulan ramadhan di bolehkan membatalkan puasa. Mau wudhu tidak ada air, bisa tayamum. Mau masuk islam cukup bersyahadat. Bukankah islam adalah agama yang mudah?

Bandingkan dengan perkara baru yang diadaadakan misalkan orang meninggal harus di adakan acara 1 hari, 3 hari, 7 hari dan seterusnya jelas memberatkan karena perlu dana dan sebagainya padahal zaman rosulullah dan sahabat tidak pernah di kerjakan.

Contoh yang lain adalah acara maulud nabi yang tidak pernah diperingati di zaman rosul atau zaman para sahabatnya. Namun sekarang hal ini menjadi ritual tahunan dengan biaya yang tidak sedikit. Coba perhatikan? bukankah bidah itu justru memberatkan?

Untuk lebih jelasnya, silahkan dengarkan kajian singkat dari ustad Mubarak bamualim dengan thema Islam telah sempurna. Kajian ini hanya berdurasi 12 menit dan insyaAllah manfaat dari mendengarkan kajian singkat ini akan memperkokoh keimanan kita dan pemahaman islam kita dengan benar. Amin.


Candra Adi putra

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

9 comments:

budi handoko said...

Mas Candra orang Indonesia bagian mana???

raudah r said...

terimakasih sangat bermanfaat

raudah r said...

terimakasih
bagus ceramahnya

Anonymous said...

tanya lg om2... kita tahu ada beberapa jamaah/ dalam Islam sperti salafi, muhamadiyah, nu dsb.... nama2 jamaah itu ada tidak sekedar ada, artinya merupakan identitas dari perkumpulan yg tjd 2 org atau lebih/bahkan banyak yang memiliki pemahaman Islam masing2... kemudian untuk menguatkan golongan/jamaahnya maka diberi nama yang memiliki makna masing2 tergantung kesepakatan jamaah...
apakah membuat nama untuk jamaah tertentu sperti salafi, muhamadiyah, nu dsb tersebut dicontohkan oleh Rasul Muhammad SAW? jika tidak dicontohkan, apakah ini juga merupakan kebid'ahan?
trima kasih...5

Ian Noor said...

To Anonymous,
Kan sudah dijelaskan di atas bahwa bid'ah itu sesuatu perkara yg baru yang diada-adakan dalam perkara aqidah, ibadah dan perkara agama Islam (lainnya) yg blm pernah ada di zaman Rosululloh. Jd kalo dalam hal memberi nama itu bukan suatu perkara yg disebut di atas.

Abu Zaini said...

Ini pembahasan yang seru mengenai Bid'ah dalam Islam yang masih kontrovesi...

Makasih ulasannya

Penulisnya bukan ahli agama (masih belajar, dilarang bertanya?

Kpd mas anonymous : bid'ah itu masalah ibadah mas. Tp nanti mas jangan nanya lg bahwa main seks dg istri juga ibadah, trus nanti mas nanya yg lain2 yg mas anggap bid'ah, pdhl bukan itu yg dimaksud. Bekerja juga ibadah, ntar mas nanya bhw kerja kok di kantor, naik mobil lagi. Bid'ah kah ? Bukan itu yg dimaksud bid'ah mas.

anto wijaya said...

Saya masih bingung, bid ah hasanah ada ga' ya?