Sunday, April 21, 2013

Apakah wahabi sesat?

Sejak Trans7 menampilkan acara khazanah dengan judul Kupas tuntas Syirik Besar. Masyarakat terombang ambing dengan isu wahabi, kata wahabi melejit menjadi kata populer entah di TV atau di internet. kata ini sering muncul. Jika anda inin melihat lebih detail apa itu wahabi, silahkan lihat video penjelasan "Membongkar kesesatan Wahabi" yang disampaikan oleh ustad Abu Yahya badrusalam. Anda cukup melihat 15 menit pertama untuk menyimpulkan apakah wahabi itu sesat? wahabi yang mana? apa hubungannya dengan salafi?



Namun ,saya yakin sebagian dari anda tidak sempat menonton Video ini, berikut ini adalah ringkasannya.

sebenarnya, Al-Wahabiyah merupakan firqah sempalan Ibadhiyah khawarij yang timbul pada abad ke 2 (dua) Hijriyah, yaitu sebutan Wahabi nisbat kepada tokoh sentralnya Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang meninggal tahun 211 H (sekitar 800Masehi). Wahabi merupakan kelompok yang sangat ekstrim kepada ahli sunnah , sangat membenci syiah . Khawarij ringkasnya sama dengan kelompok teroris yang banyak beredar di berbagai negara. Termasuk kelompok pimpinan Osama bin laden. Kelompok ini ingin menegakan syariat islam namun salah jalur, bayangkan saja Khawarij (termasuk osama bin laden) menganggap bahwa suadi bukan negara islam( bahkan mereka melakukan pengeboman di riyad)  mereka memusuhi ahlusunnah, termasuk salafi dan juga bermusuhan dengan Syiah dengan keras. Jadi mereka kwaharij adalah ekstrem kanan dan sangat ekstrim dalam agama. Salah satu keekstrimannya, mereka menganggap muslim pelaku dosa besar kekal dineraka. Nah inilah wahabi yang sesat itu. 

Sedangkan Salafi atau kelompok yang dituduh wahabi adalah mengikuti Rosulullah dan 3 generasi pertama umat islam dan para ulama. Istilah salafi sudah ada  bahkan sebelum Muhamad bin abdulwahab(orang yang dianggap tokoh wahabi dan dinisbatkan nama wahabi kepadanya, wafat tahun 1792Masehi). Nah orang sekarang menuduh dan salah faham bahwa salafi adalah gerakannya abdul wahab abdurrahman bin rustum yang wahabi sesat itu. yang memang jelas jelas menyimpang dari islam.Sebagian kelompok justru mengaburkan hal ini sehingga dakwah salafi dituduh khawarij dan suka mengkafirkan orang lain. Padahal  Inti dakwah salafi yang adalah menyebarkan Tauhid, membrantas kesyirikan, mengamalkan sunnah rosul dan menjauhkan manusia dari bid'ah. Dua hal yang sangat berbeda. Muhammad bin Abdulwahab adalah salahsatu ulama yang menyebarkan dakwah tauhid disaat kesyirikan dan kebidhaan meraja lela ditanah arab. 

Catatan penting disini, Salafi tidak pernah menisbatkan dirinya wahabi, namun julukan itu diberikan oleh Musuh musuh salafi atau orang yang tidak suka dengan salafy, termasuk yang paling getol adalah Syiah. mengapa syiah getol mengatakan salafy sesat, karena salafylah yang paling gencar dan paling getol dalam menjelaskan kepada umat islam bahwa syiah itu sesat dengan kesesatan yang nyata, seperti ajaran nikah mut'ah, mengkafirkan umar dan abubakar, mengatakan alquran sudah tidak asli lagi, mengatakan imamnya maksum dan mengetahui perkara yang gaib dan sebagainya bahkan kuburan orang munafik abu lulu yang membunuh khalifah umar dijadikan monumen dan didatangi oleh peziarah syiah dan menganggapnya pahlaman. Anehnya Orang syiah itu klo ngomong sok "saling menghormati ddan menghargai perbedaan, ini alaah taqiyah paling nyata dari syiah". dan satu lagi. Tidak ada satu negarapun dimana syiah masuk kedalamnya pasti terjadi konflik, contoh indonesia, yaman, irak dan negara lainnya. Mengapa syiah selalu bikin rusuh karena mereka punya rukun islam yang namanya "AL-WILAYAH/IMAMAH" (kekuasaan) makanya dimana mana syiah datang pasi konflik karena mereka ingin menguasai daerah /negera tersebut seperti iraq, iran, yaman dan mungkin mesir salah satunya. 

baca selengkapnya disini 


Fatwa MUI 
berbeda dengan syiah dan ahmadiyah yang jelas jelas jauh menyimpang dari islam, berikut ini adalah fatwa MUI (Linknya disini atau disini)

MEMUTUSKAN

MENETAPKAN : PANDANGAN MUI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA TENTANG SALAFI

Pertama : Penjelasan tentang apa itu SALAF/SALAFI

1. Salaf/salafi tidak termasuk ke dalam 10 kriteria sesat yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga Salaf/salafi bukanlah merupakan sekte atau aliran sesat sebagaimana yang berkembang belakangan ini.

2. Salaf/salafi adalah nama yang diambilkan dari kata salaf yang secara bahasa berarti orang-orang terdahulu, dalam istilah adalah orang-orang terdahulu yang mendahului kaum muslimin dalam Iman, Islam dst. mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka.

3. Penamaan salafi ini bukanlah penamaan yang baru saja muncul, namun telah sejak dahulu ada.

4. Dakwah salaf adalah ajakan untuk memurnikan agama Islam dengan kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan menggunakan pemahaman para sahabat radhiyallahu ‘anhum.


Kedua : Nasehat dan Tausiyah kepada masyarakat

1. Hendaknya masyarakat tidak mudah melontarkan kata sesat kepada suatu dakwah tanpa diklarifikasi terlebih dahulu.

2. Hendaknya masyarakat tidak terprovokasi dengan pernyataan-pernyataan yang tidak bertanggung jawab.

3. Kepada para da’i, ustadz, tokoh agama serta tokoh masyarakat hendaknya dapat menenangkan serta memberikan penjelasan yang obyektif tentang masalah ini kepada masyarakat.

4. Hendaknya masyarakat tidak bertindak anarkis dan main hakim sendiri, sebagaimana terjadi di beberapa daerah di Indonesia.


Ditetapkan di : Jakarta

Pada tanggal : 12 Rabi’ul Akhir 1430 H.

08 April 2009

 Nah, dua link diatas semoga bisa memberi penjelasan lengkap kepada kita semua, jangan mudah menuduh kelompok salafi atau kelompok lain sesat, kwaharij dan sebagainya. Sebelum anda melihat fakta faktanya. Dan jangan biasa latah hanya ngikut ucapan manusia bahwa si A sesat dan sebagainya. 

Semoga artikel ini bermanfaat ! Amin. 

Salafi benci habib?
ini juga tuduhan keji yang disampaikan oleh orang orang  syiah, yang benci dakwah salafi. Silahkan baca salah satu pernyataan habib di link ini dengan judul Anti Syiah dituding Wahabi, Habib Zein : Wahabi itu Ahlus Sunnah, kalau Syiah bukan

Catatan tentang habib: Habib adalah orang orang yang masih punya keturunan darah rosululah dari fatimah, anehnya kenapa orang syiah yang KATANYA menggembor gemborkan cinta ahlulbait juga tidak sepandangan dengan habib? , nah ketahuan bahwa Syiah memakai kedok mencintai ahlul bait padahal kenyataanya tidak sama sekali. Para habib (termasuk di indonesia) berlepas dari dari syiah, ini juga menunjukan kesesatan syiah yang lain. 



3 comments:

ArShi Shop said...

trimakasih penjelasanya,,,

Anonymous said...

Terima kasih penjelasannya. Sangat membuka wawasan saya.

Sandi Permana said...

Subhanalloh,, Alhamdulillah,,
akhirnya saya dapat pencerahan.
Terimakasih atas infonya.

sya hampir sja termakan fitnahan org yg menyebutkan bhw salafi itu sesat, wahabi jahat, dll.

sya hrus benar2 mencari info dg sebaik-baiknya.
semoga Alloh selalu membimbing sya k jalan yg benar.